Pengembangan Digital Marketing dan Branding pada Usaha Mikro Kopi Cikarang
Abstract
UMKM Kopi Cikarang (KOCI), sebuah usaha mikro di bidang es kopi yang
menghadapi tantangan dalam pemasaran dan branding digital. Masalah utama yang
dihadapi adalah KOCI belum memiliki media sosial untuk promosi digital, sementara
aset media sosial dari brand sebelumnya, "Punakawan Kopi Rakyat," direncanakan
untuk diubah menjadi akun media sosial KOCI. Tujuan dari kegiatan ini meliputi
perancangan dan eksekusi strategi digital marketing dan branding, transformasi
akun media sosial dari Punakawan menjadi KOCI, pembuatan konten awal yang
informatif, serta desain material promosi offline seperti standing banner, buku menu,
backdrop, dan hanging banner. Selain itu, dilakukan juga sesi pemotretan produk
untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi yang mendukung semua kebutuhan
promosi KOCI. Manfaat dari kegiatan ini mencakup peningkatan keterampilan
penulis dalam menghadapi kasus nyata di dunia usaha, bantuan bagi KOCI untuk
memulai promosi digital dan memperbaiki material promosi, serta kontribusi bagi
kampus dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis praktik. Hasil yang
dicapai adalah strategi promosi yang lebih terstruktur dan material branding yang
profesional, yang diharapkan mampu meningkatkan daya tarik dan pengenalan
brand KOCI di masyarakat.
Copyright (c) 2025 Erick Immanuel, Lilian Lilian , Ratna Sari Dewi, Beraldi Arhamas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).