Pengembangan Digital Marketing dan Branding pada Usaha Mikro Kopi Cikarang

  • Erick Immanuel Politeknik Bina Madani
  • Lilian Lilian Politeknik Bina Madani
  • Ratna Sari Dewi Politeknik Bina Madani
  • Beraldi Arhamas Politeknik Bina Madani
Keywords: UMKM, media sosial, promosi digital

Abstract

UMKM Kopi Cikarang (KOCI), sebuah usaha mikro di bidang es kopi yang
menghadapi tantangan dalam pemasaran dan branding digital. Masalah utama yang
dihadapi adalah KOCI belum memiliki media sosial untuk promosi digital, sementara
aset media sosial dari brand sebelumnya, "Punakawan Kopi Rakyat," direncanakan
untuk diubah menjadi akun media sosial KOCI. Tujuan dari kegiatan ini meliputi
perancangan dan eksekusi strategi digital marketing dan branding, transformasi
akun media sosial dari Punakawan menjadi KOCI, pembuatan konten awal yang
informatif, serta desain material promosi offline seperti standing banner, buku menu,
backdrop, dan hanging banner. Selain itu, dilakukan juga sesi pemotretan produk
untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi yang mendukung semua kebutuhan
promosi KOCI. Manfaat dari kegiatan ini mencakup peningkatan keterampilan
penulis dalam menghadapi kasus nyata di dunia usaha, bantuan bagi KOCI untuk
memulai promosi digital dan memperbaiki material promosi, serta kontribusi bagi
kampus dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis praktik. Hasil yang
dicapai adalah strategi promosi yang lebih terstruktur dan material branding yang
profesional, yang diharapkan mampu meningkatkan daya tarik dan pengenalan
brand KOCI di masyarakat.

Published
2025-02-02
How to Cite
Erick Immanuel, Lilian Lilian, Ratna Sari Dewi, & Beraldi Arhamas. (2025). Pengembangan Digital Marketing dan Branding pada Usaha Mikro Kopi Cikarang. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 5(3), 97-107. https://doi.org/10.56881/senada.v5i3.253