Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Instagram Pada UMKM Dimsum Prasmanan

  • Melyona Zenia Rabbil Politeknik Bina Madani
  • Rendy Permana Politeknik Bina Madani
  • Satrio Ariodutho Politeknik Bina Madani
  • Indah Sukmawati Wijaya Politeknik Bina Madani
  • Reyhan Zihni Fauzan Politeknik Bina Madani
Keywords: Strategi Pemasaran, Instagram, UMKM.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya pemanfaatan
media sosial dalam aktivitas sehari-hari, Instagram telah menjadi salah satu platform
utama yang digunakan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah
satunya adalah UMKM Dimsum Prasmanan yang berlokasi di Tambun Selatan.
Akan tetapi, dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan konvensional.
Untuk itu, UMKM ini perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya strategi
pemasaran menggunakan Instagram. Laporan ini bertujuan untuk menganalisis
penerapan strategi pemasaran melalui Instagram pada UMKM Dimsum Prasmanan,
dengan fokus pada pembuatan konten dan interaksi dengan pelanggan, sesuai
dengan logbook yang digunakan dan dikemukakan permasalahannya. Metode
penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan observasi terhadap beberapa
akun UMKM yang sukses di Instagram serta melakukan wawancara dengan pemilik
usaha untuk mendapat informasi terkait UMKM. Hasil ini menunjukkan bahwa
pemanfaatan Instagram dengan konten visual yang menarik serta interaksi aktif
mampu meningkatkan brand awareness. Laporan ini merekomendasikan UMKM
untuk terus beradaptasi dengan tren pemasaran digital dan meningkatkan
engagement dengan pelanggan untuk mencapai keberhasilan yang lebih besar di
platform ini. Dengan penerapan strategi pemasaran yang terstruktur dan inovatif,
UMKM Dimsum Prasmanan dapat memanfaatkan media sosial secara maksimal
untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya.

Published
2025-02-02
How to Cite
Melyona Zenia Rabbil, Rendy Permana, Satrio Ariodutho, Indah Sukmawati Wijaya, & Reyhan Zihni Fauzan. (2025). Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Instagram Pada UMKM Dimsum Prasmanan. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 5(3), 86-96. https://doi.org/10.56881/senada.v5i3.249