Pendampingan UMKM Secondhand Cikarang dalam Mengoptimalkan Pemasaran di Shopee
Abstract
UMKM secondhand di Cikarang memiliki potensi besar untuk berkembang
di era digital, namun seringkali terkendala dalam pemasaran produk secara daring.
Platform e-commerce Shopee dapat menjadi solusi efektif untuk memperluas
jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Pengabdian kepada masyarakat ini
bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM secondhand di
Cikarang dalam mengoptimalkan pemasaran produk mereka di Shopee. Kegiatan
ini meliputi pelatihan tentang pembuatan toko online yang menarik, pengelolaan
produk, penggunaan fitur-fitur promosi, serta strategi pemasaran digital lainnya di
platform Shopee. Melalui pendampingan ini, diharapkan UMKM secondhand di
Cikarang dapat meningkatkan kemampuan pemasaran digital mereka, memperluas
jangkauan pasar, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan.
Copyright (c) 2025 Leni Sugiyanti, Yulita, Farah Agharid Zahra, Kamilah Citra Oktavia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).