Pelatihan Pemasaran Digital di SMK Al Ihsan Meruya, Jakarta Barat

  • Harry Jundrio Politeknik Tempo
  • Ardiansyah Politeknik Tempo
  • Indira Tribhuwana Politeknik Tempo
  • Rahmi Utami Politeknik Tempo
  • Shalfi Andri Politeknik Tempo
Keywords: Pemasaran digital; pemasaran tradisional; siswa SMK

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membekali lulusan SMK Al Ihsan Meruya, Jakarta Barat untuk memasuki dunia kerja. Kegiatan pengabdian ini dikemas dalam bentuk pelatihan dengan mengambil tema pemasaran digital. Secara spesifik, tema difokuskan pada tools dan implementasi pemasaran digital, dengan memberikan perbandingannya dengan teknik pemasaran tradisional. Peserta pelatihan merupakan siswa-siswa kelas XII yang telah lulus. Secara umum, peserta pelatihan telah dapat memahami konsep pemasaran secara umum dengan baik, termasuk perbedaan pemasaran tradisional dengan pemasaran digital. Namun demikian, peserta pelatihan belum dapat memahami signifikasi dari kedua teknik pemasaran tersebut. Peserta pelatihan masih menganggap bahwa teknik pemasaran tradisional lebih penting dibandingkan teknik pemasaran digital. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat mengaplikasikan konsep-konsep pemasaran digital, baik di perusahaan maupun untuk usaha sendiri. Selain itu, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan teknik pemasaran digital dan pemasaran tradisional secara berimbang. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terlaksana berkat kerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Tempo yang didukung oleh perwakilan mahasiswa Politeknik Tempo yang berasal dari beberapa Program Studi. Sumber dana pelaksanaan menggunakan biaya dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Tempo.

Published
2024-10-22
How to Cite
Harry Jundrio, Ardiansyah, Indira Tribhuwana, Rahmi Utami, & Shalfi Andri. (2024). Pelatihan Pemasaran Digital di SMK Al Ihsan Meruya, Jakarta Barat. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 5(2), 54-62. https://doi.org/10.56881/senada.v5i2.246