Perancangan Desain Logo Dan Media Promosi Warung Nasi Gudeg Sary Heart Kitchen

  • Ika Rusdika Universitas Indraprasta
Keywords: UMKM; Banner;Promosi

Abstract

Abstrak

UMKM dapat diartikan sebagai sebuah perkembangan daerah untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.Usaha ini juga menampung program utama pemerintah serta perkembangan sektor di Indonesia. Warung Nasi Gudeg Sarry heart kitchen adalah salah satu usaha kecil yang hadir di tengah masyarakat sejak tahun 2018 dan mulai tergabung dengan UMKM pada 4 Tahun terakhir. Awalnya penjualan cukup lumayan sehingga dapat mempekerjakan pegawai pada kasus covid -19, tempat berdagang ibu tersebut dimulai dengan menerima pesanan dari rumah. Perihal tersebut ibu sarry ikut dalam kegiatan bazar makanan dan berpindah tempat berdagang. selain itu sangat sulit mengenali usaha ibu tersebut dikarenakan usaha ibu tersebut karena tidak adanya branding seperti bunner usaha logo tidak ada. Berdasarkan permasalahan yang ada yakni belum adanya branding dan media promosi pada warung  nasi gudeg sarry heart kitchen tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) memberi solusi berupa pengembangan warung gudeg sarry secara digital, baik bidang branding logo dan media promosi. Tim akan mendesain logo dan banner untuk branding produk tersebut,memperbaiki branding logo dan foto produk lebih menarik,serta melakukan promosi dengan pemasangan banner usaha agar menarik dan dikenal oleh mastarakat.

Kata Kunci: UMKM; Banner;Promosi

Abstract

UMKM can be interpreted as a regional development to improve the Indonesian economy. This business also accommodates the government's main programs and sector developments in Indonesia. Warung Nasi Gudeg Sarry heart kitchen is a small business that has been present in the community since 2018 and has been affiliated with MSMEs in the last 4 years. Initially sales were good enough to be able to employ employees in the case of Covid-19, the woman's trading place started by accepting orders from home. Regarding this, Sarry's mother took part in food bazaar activities and changed trading places. Apart from that, it is very difficult to recognize the mother's business because the mother's business does not have branding, such as a business banner with no logo. Based on the existing problem, namely the absence of branding and promotional media at the Gudeg Sarry Heart Kitchen rice stall, the PKM (Community Service) team provided a solution in the form of developing the Gudeg Sarry stall digitally, both in the areas of logo branding and promotional media. The team will design a logo and banner for branding the product, improve the branding of the logo and product photos to be more attractive, and carry out promotions by installing business banners so that they are attractive and known to the public.

Keyword: UMKM;Banner;Promotion

Published
2024-10-22
How to Cite
Rusdika, I. (2024). Perancangan Desain Logo Dan Media Promosi Warung Nasi Gudeg Sary Heart Kitchen. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 5(2), 63-77. https://doi.org/10.56881/senada.v5i2.223