Pelatihan Perencanaan Program Digital Marketing dan Bisnis di SMKN 51 Jakarta

  • Nurhablisyah Syah Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Digital marketing, Perencanaan Bisni, SMKN 51 Jakarta

Abstract

Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengalaman praktis dalam hal perencanaan program digital marketing dan rencana bisnis di SMKN 51 Jakarta. Selama ini, teori mengenai pemasaran digital dan proposal bisnis sudah pernah didapat di mata Pelajaran sekolah. Namun, pada pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini, siswa diajak untuk melakukan simulasi dengan contoh kasus  3 unit bisnis di SMKN 51 Jakarta. Ketiga unit tersebut adalah; minimarket, percetakan dan penyewaan ruang auditorium. Perencanaan bisnis diarahkan untuk membuat proposal, jika ketiga unit usaha tersebut akan mengadakan kegiatan. Proposal bisnis diarahkan  pada proposal acara. Siswa tidak hanya merancang anggaran, tetapi juga menelaah taget market, produk dan kegiatan yang akan diselenggaran. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 33 siswa dari kelas  11, yang sebelumnya sudah diseleksi terlebih dahulu dari Pihak sekolah. Hasil dari pelatihan ini, terdapat 5 kelompok yang mempresentasikan proposalnya. Dari kelima kelompok terbebut, dipilih 3 yang terbaik. Jika pelatihan ini dikuasi oleh siswa maka siswa sudah memiliki bekal dalam bidang pemasaran digital.

Published
2024-06-28
How to Cite
Syah, N. (2024). Pelatihan Perencanaan Program Digital Marketing dan Bisnis di SMKN 51 Jakarta. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 5(1), 01-11. https://doi.org/10.56881/senada.v5i1.220