Pelatihan Perencanaan Program Digital Marketing dan Bisnis di SMKN 51 Jakarta
Abstract
Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengalaman praktis dalam hal perencanaan program digital marketing dan rencana bisnis di SMKN 51 Jakarta. Selama ini, teori mengenai pemasaran digital dan proposal bisnis sudah pernah didapat di mata Pelajaran sekolah. Namun, pada pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini, siswa diajak untuk melakukan simulasi dengan contoh kasus 3 unit bisnis di SMKN 51 Jakarta. Ketiga unit tersebut adalah; minimarket, percetakan dan penyewaan ruang auditorium. Perencanaan bisnis diarahkan untuk membuat proposal, jika ketiga unit usaha tersebut akan mengadakan kegiatan. Proposal bisnis diarahkan pada proposal acara. Siswa tidak hanya merancang anggaran, tetapi juga menelaah taget market, produk dan kegiatan yang akan diselenggaran. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 33 siswa dari kelas 11, yang sebelumnya sudah diseleksi terlebih dahulu dari Pihak sekolah. Hasil dari pelatihan ini, terdapat 5 kelompok yang mempresentasikan proposalnya. Dari kelima kelompok terbebut, dipilih 3 yang terbaik. Jika pelatihan ini dikuasi oleh siswa maka siswa sudah memiliki bekal dalam bidang pemasaran digital.
Copyright (c) 2024 Nurhablisyah Syah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).