Pengaruh Activation Of Experiential Marketing dan Brand Trust Terhadap Purchase Intention Produk Tropicana Slim Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Activation Experiential Marketing dan Brand Trust terhadap Purchase Intention produk Tropicana Slim di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia Jakarta. Aktivitas pemasaran yang dirancang Tropicana Slim dilakukan melalui pengalaman langsung seperti booth interaktif, edukasi kesehatan, dan pemeriksaan kadar gula darah gratis, yang diharapkan dapat menciptakan keterlibatan emosional dengan konsumen. Di sisi lain, kepercayaan terhadap merek (Brand Trust) menjadi faktor penting yang mendorong konsumen merasa aman dan yakin saat memutuskan untuk membeli. Penelitian mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 107 pengguna MRT yang berpartisipasi kegiatan Brand Activation. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS versi 4.1.1.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Activation Experiential Marketing maupun Brand Trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini juga menunjukkan bahwa Brand Trust merupakan variabel yang paling dominan dalam mendorong niat beli konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tidak hanya menciptakan pengalaman, tetapi juga membangun kepercayaan merek secara berkelanjutan.
Copyright (c) 2025 Leni Sugiyanti, Melyona Zenia Rabbil, Titin Latif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



