Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dan Word Of Mouth Dalam Membentuk Brand Awareness Perusahaan Tri Saudara Sentosa Industri di Kalangan Calon Karyawan
Abstract
Perkembangan industri manufaktur di Indonesia menunjukan kemajuan cukup signifikan sehingga persaingan antar perusahaan pun tidak bisa dihindari, oleh karena itu di era saat ini citra dan reputasi perusahaan menjadi hal yang sangat penting. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya menjaga dan membangun reputasi perusahaan untuk mencari tenaga kerja yang potensial, terutama melalui media komunikasi digital dan rekomendasi personal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial dan word of mouth terhadap brand awareness perusahaan Tri Saudara Sentosa Industri di kalangan calon karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares dengan model PLS-SEM menggunakan aplikasi SmartPLS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel word of mouth memberikan pengaruh signifikan terhadap brand awareness, sedangkan media sosial tidak menunjukan pengaruh signifikan. Ini dapat di simpulkan bahwa komunikasi antarpersonal dan rekomendasi dari orang orang terdekat lebih berperan dalam membentuk brand awareness perusahaan Tri Saudara Sentosa Industri terhadap calon karyawan di banding dengan media sosial. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan masukan kepada perusahaan untuk mendorong strategi komunikasi yang lebih efektif dan dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya tentunya dengan mengembangkan variabel yang berbeda dan lingkup penelitian yang lebih luas.
Copyright (c) 2025 Yulita Yulita, Rendy Permana, Farah Agharid Zahra, Umu Anis Laelatul Fitriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



