Efektivitas Peran UMKM Bontot Ngopi dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan

  • Ratna Sari Dewi Politeknik Bina Madani
  • Arnold Politeknik Bina Madani
  • Nadia Choirunissa Politeknik Bina Madani
  • Dimas Alfianto Politeknik Bina Madani
Keywords: UMKM, Media Sosial, Loyalitas Pelanggan, dan Kepuasan Konsumen.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas peran UMKM Bontot Ngopi dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dengan pemilik UMKM Bontot Ngopi, observasi langsung di lokasi usaha, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Bontot Ngopi memiliki beberapa strategi dan kegiatan yang efektif. UMKM Bontot Ngopi melakukan branding yang kuat dengan citra yang unik dan menarik. Mereka juga menggunakan media sosial dan situs web untuk mempromosikan produk dan menarik minat pelanggan potensial. Dengan memberikan pengalaman pelanggan yang positif melalui pelayanan yang ramah dan berkualitas. Bontot Ngopi juga terus mengembangkan menu dan inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan. Selain itu, UMKM Bontot Ngopi memiliki program loyalitas pelanggan. Melalui strategi-strategi ini, UMKM Bontot Ngopi berhasil meningkatkan jumlah pelanggan mereka secara signifikan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi UMKM Bontot Ngopi dalam meningkatkan jumlah pelanggan, seperti persaingan dengan usaha sejenis dan keterbatasan sumber daya.

Published
2023-12-07
How to Cite
Ratna Sari Dewi, Arnold, Nadia Choirunissa, & Dimas Alfianto. (2023). Efektivitas Peran UMKM Bontot Ngopi dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Masarin, 2(1), 182-192. https://doi.org/10.56881/masarin.v2i1.204
Section
Articles