Perancangan komunikasi visual Brand Identity Nela Tenun Songket Pandai Sikek
Abstract
Nela Souvenirshop merupakan rumah tenun pandai sikek yang memperlihatkan proses pembuatan tenun. Sebagai sebuah brand lokal yang memiliki keunikan tersendiri, Nela Souvenirshop dirasa perlu untuk memiliki brand identity sehingga dapat dipasarkan ke masyarakat luas khususnya wisatawan dari luar daerah yang akan membeli produk-produk Nela Souvenirshop sebagai cindramata. Metode analisa yang akan digunakan yaitu 5W1H dan SWOT. Metode perancangan yang digunakan yang pertama mengumpulkan Data "kognitif" yang menggambarkan apa yang audiens "ketahui". Data "emosional" menggambarkan apa yang dirasakan audiens. Tahap kedua dari proses emotional branding adalah mendefinisikan strategi brand. Metode ini bertujuan untuk mendekati masalah desain dengan keseimbangan logika dan intuisi. Meningkatkan kesadaran asumsi awal dan bias dalam proses ini di temukan stereotip, subjektivitas dan generalisasi.